Sebagai bagian dari program kegiatan ekstrakurikuler dan penilaian fisik, SMK Bina Mandiri Purwareja Klampok mengadakan penilaian renang untuk siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) 2. Kegiatan ini dilaksanakan di kolam renang yang terletak tidak jauh dari sekolah pada tanggal 25 Maret 2025. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji keterampilan siswa dalam berenang, yang juga menjadi bagian dari evaluasi fisik untuk membentuk pola hidup sehat dan bugar bagi para siswa.
Tujuan Kegiatan Penilaian Renang
Kegiatan penilaian renang ini merupakan bagian dari kurikulum yang bertujuan untuk melatih siswa agar dapat menguasai keterampilan dasar berenang dengan baik. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh, memperkenalkan siswa dengan pentingnya olahraga renang, dan menumbuhkan semangat kerjasama dan sportivitas. Kepala Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Ibu Dina Rahmawati, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting dalam membentuk karakter siswa yang sehat, disiplin, dan tangguh.
Proses Penilaian
Penilaian dimulai dengan pemanasan dan briefing singkat mengenai teknik dasar renang yang akan dinilai. Dalam kegiatan ini, siswa jurusan TKJ 2 diuji dalam beberapa aspek renang, di antaranya adalah gaya bebas, gaya dada, serta kemampuan siswa dalam mengatur pernapasan saat berenang. Setiap siswa diminta untuk melakukan renang sejauh 25 meter untuk setiap gaya yang dinilai, dengan pengawasan langsung dari guru olahraga, Bapak Arief Setiawan, yang juga bertindak sebagai juri dalam kegiatan ini.
Selain penilaian keterampilan renang, para siswa juga diberikan penilaian terkait dengan ketahanan fisik, kekuatan otot, serta kemampuan bekerja sama dalam kelompok. Para siswa diminta untuk berenang secara individu, namun pada beberapa kesempatan, mereka juga diminta untuk bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tantangan renang secara berkelompok.
Semangat dan Antusiasme Siswa
Meskipun sebagian siswa baru pertama kali mengikuti penilaian renang, semangat dan antusiasme mereka sangat tinggi. Beberapa siswa yang awalnya tampak ragu-ragu mulai menunjukkan peningkatan setelah diberikan instruksi dan dukungan dari teman-temannya. “Saya merasa senang dan bangga bisa mengikuti penilaian ini. Meskipun agak sulit pada awalnya, tapi saya terus berusaha dan akhirnya bisa menyelesaikan semua tantangan,” ujar Rizki, salah seorang siswa jurusan TKJ 2.
Pengawasan dan Evaluasi
Selama kegiatan, Bapak Arief Setiawan memberikan arahan kepada setiap siswa agar tetap menjaga keselamatan dan fokus pada teknik yang benar. Beliau juga memberikan penilaian yang objektif terhadap setiap siswa berdasarkan kemampuan teknis dan fisik yang ditampilkan saat berenang.
Setelah kegiatan selesai, siswa diberi umpan balik secara langsung mengenai hasil penilaian mereka. Bapak Arief menjelaskan bahwa kegiatan penilaian ini tidak hanya untuk mengevaluasi keterampilan renang, tetapi juga untuk menanamkan rasa percaya diri, disiplin, dan rasa tanggung jawab dalam diri siswa.